Mendagri dan Menkeu Bakal Membahas Terkait Formula Dana Kelurahan Jika Disetujui

Mendagri dan Menkeu Bakal Membahas Terkait Formula Dana Kelurahan Jika Disetujui

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yakni Tjahjo Kumolo dan Menteri Keuangan (Menkeu) yakni Sri Mulyani Indrawati merespons polemik rencana pemerintah mengalokasikan dana kelurahan. Hal ini disampaikan keduanya setelah menghadiri acara entry meeting pemeriksaan atas penilaian kembali barang milik negara tahun 2017-2018 di Auditorium BPK, Senin (22/10/2018).

Tjahjo mengungkapkan bahwa terkait dengan mekanisme rencana alokasi dana kelurahan dan desa berbeda. Dana kelurahan seandainya nanti disetujui dalam rapat pembahasan antara DPR dan Menteri Keuangan, semata-mata hanya stimulan. “Apakah Rp100 juta atau berapakah, jadi bukan sama dengan desa,” katanya.

Menurutnya, dana kelurahan merupakan kebutuhan guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. “Sebelum kebijakan tersebut diimplementasikan akan disusun aturan teknis dan formulanya agar benar memberi manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Sri Mulyani menambahkan alokasi dan formula antara dana desa dengan kelurahan berbeda. “Karena kelurahan merupakan SKPD. Nanti kami dengan Mendagri akan membuat keputusan menentukan formulanya,” ujarnya.

Lebih lanjutnya Sri Mulyani mengatakan bahwa rencana alokasi dana kelurahan ini merupakan serapan dari aspirasi yang selama ini muncul. Aspirasi tersebut merupakan rapat dengar pendapat dengan wali kota, pemerintah daerah dan DPR.

“Misalnya ada satu kabupaten yang di dalamnya memiliki kelurahan dan desa. Yang desa mendapat dana bantuan, sedangkan kelurahan tidak. Hal ini menimbulkan tensi yang cukup nyata sehingga kita perlu menjaga harmoni pemerintahan di daerah,” tandasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Darmin: Empat Tahun Menjabat Sebagai Capres-Cawapres Jokowi-JK Ekonomi Bertumbuh Naik Perlahan

Kasum TNI: Satuan Tugas MTF Duta dan Diplomat TNI Berada di Forum Internasional

Usai Menjalani Pemeriksaan Neneng Meminta Maaf Kepada Warga Bekasi